Senin, 19 September 2011

Salak berbiji Sembilan

Kemarin aku baru ja pulang kampung ke Temanggung.Saat berangkat ke Cikarang aku dibawain oleh-oleh salak pondoh.Sesampainya di Cikarang langsung aku buka oleh-oleh dari ortuku tsb.Saat Kardus aku buka,mataku langsung tertuju ke salak yang paling besar diantara salak yang lain di dalam kardus.Karena  penasaran dengan bentuknya yang super gede tsb,tanpa basa-basi langsung aku ambil dan aku kupas salak itu. Saat aku kupas aku heran dengan salak tsb,baru kali ini aku lihat buah salak dengan banyak biji.Akhirnya sebeum aku makan aku sempetin dulu ambil kamera trus aku ambil gambarnya dan aku hitung jumlah bijinya.Setelah aku hitung salak tersebut berbiji 9.setelah selesai abil gambar dan menghitung aku makin penasaran rasanya gimana ya....?
Akhirnya aku makan juga tu salak....tapi......rasanya sama ja dengan salak pondoh yang lain......
Tapi yang membuat aku heran jumlah biji yang biasanya 3 ~ 4 bj,buah ini sampai 9bj.Dan bagiku hal tsb aneh karna aku belum pernah lihat buah salak yang seperti ini.


 Salak pondoh sendiri terkenal dan banyak kita jumpai didaerah lereng merapi,daerah sleman dan magelang.
Untuk dikampungku sendiri kayaknya sih kurang cocok,biasanya yang nanam jarang panen,karena yang panen orang lain,,,,,biasanya anak-anak usil gitu..........he....he..... maklum dikampungku masih jarang pohon salak....Tapi tu dulu waktu aku masih kecil dan masih usil,sering nyolong salak tetangga...he....he......
Untuk sekarang sih aman - aman ja,dan untuk iklim temanggung kayaknya sih cocok untuk nanam salak pondoh,buktinya sekarang mulai banyak yang nanam salak.dan oleh-oleh dari ortuku ini adalah hasil panen kebun sendiri,Salak Pondoh Temanggung.

1 komentar: